Selasa, 19 Januari 2010

SEL-SEL MIKRO DALAM TUBUH MANUSIA

Di bawah ini adalah gambar sel telur manusia. Ingin tahu bagaimana bentuk sel-sel tubuh kita lainnya yang diperbesar ribuan kali? Alat ini namanya scanning electron microscope (SEM), sejenis mikroskop elektron yang menggunakan gelombang elektron energi tinggi untuk men-scan suatu permukaan. Gelombang elektron dari SEM ini berinteraksi dengan atom-atom di dekat atau pada permukaan sampel yang akan diteliti, dan menghasilkan gambar 3-D beresolusi tinggi. Perbesarannya dari 25X hingga 250.000X. Detail dari benda berukuran 1 - 5 nm dapat dengan mudah dideteksi, termasuk bentuk dari sel telur, sel darah merah, atau embrio bayi manusia. Lihatlah keajaibannya....


Sel-sel Darah Merah


Bentuknya seperti permen cinnamon, gambar di atas adalah jenis yang paling umum dari sel darah di tubuh manusia - sel darah merah (red blood cell-RBC). Tugasnya mengirim oksigen ke seluruh tubuh; seorang wanita mempunyai kira-kira 4 - 5 juta RBC per mikroliter (kubik milimeter) darah, sedangkan lelaki mempunyai 5 - 6 juta RBC. Orang yang tinggal di dataran yang tinggi mempunyai lebih banyak RBC kerana kadar oksigen di lingkungannya yang lebih rendah.

Helai Rambut Manusia


Perawatan rambut yang teratur dan mungkin dengan sedikit conditioner yang bagus akan mencegah rambut anda rosak seperti ini.

Sel Otak Purkinje


Ada 100 miliar neuron (sel impuls otak) pada otak manusia, neuron Purkinje adalah yang terbanyak. Sel-sel ini adalah masternya koordinasi motorik di cerebellar cortex. Pengaruh racun seperti alkohol dan lithium, penyakit-penyakit autoimmune, mutasi genetik termasuk autisme dan penyakit-penyakit neurodegenerative dapat menyebabkan efek negatif pada sel-sel Purkinje manusia.

Sel Rambut di Telinga


Gambar ini adalah gambar sel rambut stereocilia di dalam telinga yang mendeteksi pergerakan mekanis untuk merespon vibrasi suara.

Lidah dengan Indera Perasa


Gambar di atas adalah gambar hujung indera perasa di lidah. Lidah manusia memiliki kira-kira 10.000 indera perasa yang bertanggung jawab membezakan rasa masin, hambar, pahit, manis, dan asam.

Plak Gigi


Rajin-rajinlah berus gigi, kerana gambar di atas itu padalah gambar plak gigi yang tidak terjaga...

Gumpalan Darah Beku


Lihat lagi gambar sel darah merah (RBC) di atas, yang ini adalah sel-sel yang sama yang berada di suatu gumpalan darah beku. Sel-sel yang di tengah adalah sel darah putih.

Kantung Udara Paru-Paru


Ini adalah gambar permukaan bahagian dalam dari paru-paru anda. Rongga-rongga berlubang itu adalah alveoli, disinilah terjadi pertukaran udara dengan darah.

Sel Kanser Paru-Paru


Gambar ini adalah paru-paru yang dirosakkan oleh sel-sel kanser, berbeza sekali dengan gambar paru-paru yang sihat .

Villi (Selaput Lendir) pada Usus Kecil


Villi pada usus kecil menambah area permukaan dari usus, yang membantu dalam proses penyerapan makanan. Perhatikan sari makanan yang menempel di celah-celahnya.

Sel Telur Manusa dengan Sel-sel Korona


Gambar ini adalah gambar sel telur di atas tempat kedudukannya. Telur ini dilapisi oleh zona pellicuda, suatu glycoprotein yang melindungi telur dan juga membantu menangkap sperma. Dua sel korona terlihat menempel pada zona pellicuda.

Sperma di Permukaan Sel Telur



Gambar-gambar di atas adalah sperma-sperma yang cuba membuahi sel telur.

Sperma dan Embrio Manusia


Gambar ini adalah kondisi 5 hari setelah pembuahan pada sel telur dengan sel-sel sperma tersisa yang masih ada di sekitarnya. Gambar fluoroscent ini di abadikan dengan menggunakan mikroskop confocal. Embrio dan nukleus sel sperma diberi warna ungu sementara ekor-ekor sperma yang berwarna hijau. Area yang biru adalah celah persimpangan, yang menghubungkan sel-sel tersebut.

Sel Telur yang Dibuahi


Ini adalah gambar sel telur yang dikelilingi sperma setelah terjadi pembuahan/persenyawaan Pronukleus lelaki dan permpuan dapat dilihat di tengah sebelum mereka menyatu menjadi nukleus tunggal dengan full kromosom. Seterusnya sel ini akan terus membelah membentuk embrio yang kompleks.

Embrio Manusia dengan 8 Sel


Embrio ini mengalami 3 siklus pembelahan sel dan masih dikelilingi oleh zona pellicuda, selaput luar yang liat.

Embrio Manusia 16 Sel


Gambar ini disebut juga morula. Embrio yang telah mengalami 4 siklus pemebelahan sel.

Embrio-embrio Manusia


Gambar ini adalah gambar kumpulan embrio-embrio, dari yang baru saja dibuahi hingga yang sudah siap ditanam di rahim.

Embrio Manusia Berumur 6 Hari


Dan akhirnya siklus kehidupan dimulai, gambar ini adalah embrio manusia yang berumur 6 hari dan mulai tertanam di dalam endometrium, di dinding rahim.

Luar biasa, ternyata tubuh kita ini dibentuk oleh miliaran sel-sel yang bersatu padu membentuk tubuh kita dan ajaibnya semuanya menjalankan fungsinya masing-masing dengan sempurna. Subhanallah. Maha Suci Allah, Maha Besar Allah, yang telah menciptakan semuanya ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan